Assalamualaiqum sahabat...
Sebelumnya ni saya mau ungucapin terimakasi banyak kepada sahabat sekalian. Kali ini saya maunulis lagi, tentang tipss menjadi pendengar yang baik. Nah buat kamu yang ingin menjadi pendengar yang baik tentunya anda harus membaca artikel ini tentunya.
Dalama sebuah kehidupan tentunya kita tidak luput dari yang di sebut dengn kumunikasi, baik secara langsung maupun secara tidak langsung misalnya; komunikasi dengan orang tua, saudara, teman, atasan, dan lingkungan masyarakat. Dalam komunikasi tentunya kita berperan menjadi 2 bagian yaitu pembicara dan pendengar,Tahukah anda bahwa seseorang yang ramah behubungan dengan orang lain, akan diapresiasikan baik oleh orang lain, untuk itu jangan pernah menyepelekan saat berinteraksi dengan orang lain.
Presiden Amerika ke-28 Woodrow Wilson,
pernah mengatakan “ Telinga pemimpin harus berdering dengan suara-suara orang.” Seperti yang kita ketahui, seorang pimpinan adalah seseorang yang sangat berpengaruh dalam kelompoknya. Salah satu seni mempengaruhi orang lain adalah menjadi pendengar yang baik. Yang dimaksudkan ialah kemampuan mendengarkan dan memahami perkataan orang lain dengan seksama, bukan hanya mendengarkan saja.
Berikut beberapa tipss kiat menjadi pendengar yang baik.
- Ketika anda sedang mendengarkan lawan bicara anda maka Pusatkan perhatian anda pada lawan bicara dan dengarkan apa yang dikatakan si pembicara
- Pandanglah mata lawan bicara anda dan berikanlah kesan wajah bahwa anda benar-benar mendengarkan. Ini memberikan kesan bahwa anda memperhatikan apa yang diucapkan lawan bicara anda dengan sungguh-sungguh.
- Berikan respon yang bersahabat. Respon ini dapat membuat lawan bicara anda merasa dihargai. Saat lawan anda sedang berbicara maka sekali-kali berikan respon seperti mengangguk, mengelengkan kepala, tersenyum, tertawa atau berikan komentar pendek seperti oh, ya?, hebat!, dll
- Jangan memotong pembicaraan lawan bicara anda. Selain tidak sopan, saat memotong pembicaraan dapat membuat lawan bicara anda kesal dan tersinggung, ini dapat menimbulkan perdebatan antara lawan bicara dan anda. Berikanlah kesempatan lawan bicara anda untuk menyelesaikan apa yang ingin diutarakannya.
- Bila anda bosan atau tidak nyaman dengan topik pembicaraan, maka alihkanlah dengan perlahan-lahan. Jangan sesekali mengubah topik pembicaraan saat pembicara sedang mengutarakan pembicaraan.
- Buatlah lawan bicara anda selalu bergairah untuk terus berbicara, jika lawan bicara anda dari semulanya tidak berantusias dalam berbicara maka buatlah lawan bicara anda bergairah dengan cara saat lawan bicara anda berbicara maka tersenyumlah, buat seolah-olah anda bersemangat saat mendengarkan iya berbicara.
- Ingat kendalikan diri anda untuk tidak memotong pembicaraan dan tergoda ingin mengalahkan lawan bicara anda. Sebab hal ini bisa membuat lawan bicara anda berhenti berbicara dan meninggalkan anda. Biarkan dia merasa bangga dengan prestasi atau pengalamannya meskipun anda punya prestasi atau pengalaman lebih darinya.
- Dalam kasus yang tergolong khusus ,maka belajarlah untuk meringkas apa yang di sampaikan oleh lawan bicara anda sebelum anda memberikan sesuatu komentar atau nasehat. Bersikaplah seperti seorang dokter yang mendiagnosa dulu penyakit pasiennya dengan memeriksanya dan meneliti suatu penyakit yang di derita lalu memberikan obat dan solusi dari penyakit tersebut. Jika anda melakukan solusi yang tepat dan komentar yang tepat maka hal ini akan membuat sipendengar akan merasa nyaman dan merasa terlepas dari beban.
- Perhatikanlah dan peka terhadap motif orang lain. Mungkin lawan bicara anda Cuma ingin mencurahkan isi hatinya tanpa keinginan untuk dinasehati, apalagi disalahkan. Jadi anda cukup berperan sebagai pendengar saja tanpa harus mempersalahkan dia. Mungkin dia ingin berbicara tentang kesalahan yang telah terjadi pada kehidupannya. Mungkin juga dia sedang mengajak anda masuk dalam komunikasi yang akrab dan terbuka dengan anda. Kalau anda merasa nyaman, maka mulailah melakukan komunikasi dua arah.
- Ingat belajarlah mendengarkan dengan tulus, karna ketulusan dalam mendengarkan perkataan orang dapar memberikan rasa nyaman kepada keduanya. Semua itu akan membuat anda menjadi pendengar yang baik bila anda tidak melakukannya dengan tulus maka semuanya akan terasa biasa-biasa saja dan tidak akan tercipta komunikasi yang asik, menyenangkan, dan efektif
Dalam suatu pepatah menyebuatkan bahwa:
“ Anda tidak akan pernah tahu betapa dekatnya anda dengan ide bernilai milyaran rupiah jika anda tidak mau mendengarkan”
Nah sobat berikut beberapa tipss yang telah saya berikan untuk anda. Semoga ini dapat membuat anda menjadi pendengar yang baik dan membuat anda menjadi orang yang di senangi oleh lawan bicara anda.
sekian dulu tipsnya ya teman, semoga dapat bermanfaat dan berguna. Terimakasi telah membaca artikel yang sederhana ini..
Jangan lewatkan artikel menarik lainya
Comments